Thursday, March 1, 2007

Islam kebetulan


Pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri..."Kenapa gue ada di dunia ini?"..."untuk apa gue hidup..?"...Saya meyakini, bahwa secara fithrah, manusia manapun akan mengalami hal yang sama. Muslim, Kafir, Musyrik, semua bermula dari pertanyaan itu. Tapi...jawaban apa yang akan dia keluarkan, tergantung pandangan hidup apa yang dia pake. ato Sosialis? Kapitalis? Islam? Secara sadar nggak sadar, sebenernya jawaban apapun, tidak akan jauh dari 3 ideologi dunia ini.

Namun, kebanyakan kaum Muslim, nggak sadar bahwa mereka hanya KEBETULAN dilahirkan di tengah-tengah keluarga Muslim. Coba aja tanya, "Kenapa anda Muslim...?" secara umum, memang akan menjawab "ya karena saya yakin bahwa Islam adalah agama yang paling sempurna...". Coba kita tanya orang Non muslim dengan pertanyaan yang sama. Pasti, merekapun akan ngasih jawaban yang sama, "ya karena saya yakin bahwa Nasrani adalah agama yang paling benar.." dsb-dsb. Kalo ditanya lebih dalem lagi, pasti kepentok dengan jawaban: "ya pokoknya gue Islam, titik...!" tanpa bisa menjelaskan, kenapa harus Islam?...Dan hal itu, jangan-jangan juga menghinggapi kita sebagai orang yang "Kebetulan" Islam.

Lalu, apakah lalu kita merasa "puas" dengan jawaban itu...?

2 comments:

ade candra said...

Saya setuju, mmng sebagian besar umat islam tidak berangkat dari kesadaran memilih islam sebagai "agama", ya hanya kebetulan lahir di keluarga yang ber-KTP islam. Untuk itu, menjadi tugas kita semua yang mengerti untuk memberikan pemahaman...

Ifoeng said...

Asslamu'alaikum Wrwb.
Salam kenal Mas.:)
Kalau pertanyaan itu di arahkan kepada si Mas. Apa jawabannya?.

"Kenapa Mas Bayu Muslim?"